Background




A.  Kewirausahaan dan wirausaha


1)     Kewirausahaan
a)     Pengertian Kewirausahaan
Kewirausahaan berasal dari istilah entrepreneurship yang berarti perilaku dinamis, berani mengambil resiko, reaktif, dan berkembang.
b)     Tujuan Kewirausahaan
Dalam pendidikan kewirausahaan diajarkan dan ditanamkan mengenai Sikap dan Perilaku untuk membuka bisnis, agar mereka dikemudian hari menjadi seorang wirausaha yang berbakat dan berhasil. Adapun tujuan kewirausahaan adalah :
1.     Untuk mewujudkan kemampuan dan kemantapan para wirausaha untukmenghasilkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
2.     Untuk membudayakan semangat, sikap, perilaku dan kemampuan kewirausahaandi kalangan pelajar dan masyarakat yang mampu, handal dan unggul.
3.     Untuk meningkatkan jumlah para wirausaha yang berkualitas.
4.     Untuk menumbuhkembangkan keselarasan dan mencintai kewirausahaan yang tangguh dan kuuat terhadap para siswa dan masyarakat.

2)     Wirausaha
a)     Pengertian Wirausaha
      Wirausaha berasal dari bahasa Perancis yaitu Entreprenew yang berarti Orang yang membeli barang dengan harga pasti meskipun orang itu belum mengetahui beberapa berapa barang itu akan dijual.
       Pengertian lain Wirausaha adalah Orang-orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai kesempatan-kesempatan bisnis , mengumpulkan sumber-sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan dan tindakan yang tepat guna untuk memastikan kesuksesan.
       Untuk dapat menjadi seorang wirausaha, seseoarang harus mempersiapkan bekal berupa sikap mental dan menguasai beberapa keterampilan misalnya mengetik, komputer, perbengkelan, pertukangan dan sebagainya. Dengan kata lain Orang yang ingin berwirausaha harus memiliki keahlian, semangat yang tinggi dan tidak kenal putus asa.
        Ada beberapa sifat dasar dan kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang Wirausaha di antaranya Wirausaha adalah sseorang pencipta perusahaan dan Orang yang selalu melihat perbedaan, baik antar Orang maupun antar fenomena kehidupan sebagai peluang dan kesulitan.

Tipe-tipe Wirausaha                                                       
·       Wirausahawan yang memiliki inisiatif
·       Wirausahawan yang mengorganisir mekanis sosial ekonomi untuk menghasilkan sesuatu
·       Yang menerima resiko atau kegagalan

Syarat-syarat menjadi Wirausaha
Untuk menjadi Wirausah tergantung pada kegiatan usaha yang akan dijalankan. Untuk usaha yang masih sederhana atau kecil harus dipenuhi beberapa hal sebagai berikut ;
·       Modal yang memadai untuk melaksanakan usaha, meskipun tidak terlalu besar
·       Mau bekerja keras, yaitu mau dan mampu untuk bekerja dari 10 jam per hari, menangani sesndiri semua pekerjaan yang berkaitan dengan usaha tersebut.
·       Mampu memperkirakan, menghitung dan membandingkan harga pokok, harga jual dan laba rugi.


b)     Manfaat Wirausaha
Seperti kita ketahui, bahwa semakin lama pengangguran di Indonesia semakin bertambah. Hal ini disebabkan karena sempitnya lapangan pekerjaan yang ada, sedangkan tenaga kerja semakin bertambah banyak. Dengan adanya kondisi seperti ini diharapkan muncul wirausaha-wirausaha baru, karena dengan adanya wirausaha merupakan potensi pembangunan baik dalam jumlah maupun kualitas para Wirausaha itu sendiri.
        Dengan adanya Wirausaha akan sangat bermanfaat bagi suatu Negara antara lain :
·       Menambah daya tampung tenaga kerja, sehingga dapat mengurangi pengangguran
·       Memberi contoh bagaimana harus bekerja keras , tekun, tetapi tidak melupakan perintah agama.
·       Berusaha mendidik Masyarakat agr hidup secara efisien, ekonomis, tidak berfoya-foya dan tidak boros.
·       Menjadi contoh bagi anggota Masyarakat sebagai Pribadi yang unggul yang patut diteladani.
·       Berusaha memberi bantuan kepada Orang lain dan pembangunan Sosial sesuai dengan kemampuanya.
        Dengan keadaan seperti ini, maka salah satu upaya yang bisa ditempuh adalah mendapat peluang usaha yang cocok dan mendorong timbulnya semangat Wirausaha paada Masyarakat Indonesia.

Categories: Share

Leave a Reply