Background

CIRI-CIRI WIRUSAHAWAN SUKSES


1)     Ciri-Ciri Wirausahawan Sukses
Menjadi Wirausaha profesional harus memppunyai kriteria keunggulan.
Adapun ciri dari kedua kriteria tersebut adalah sebagai berikut :
a)     Berpikir dan bertindak strategik adaptif terhadap perubahandalam berusaha mencari peluang keuntungan termasuk yang mengandung resiko agak besar dan dalam mengatasi masalah.
b)     Selalu berusaha untuk mendapat keuntungan melalui berbagai keunggulan dalam memuaskan langgana
c)     Berusaha mengenal dan mengendalikan kekuatan dan kelemahan peruasahaann (dan pengushaya) serta meningkatkan kemampuan dengan sistem pengendalian intern
d)     Selalu berusaha meningkatkan kemampuan dan ketangguhan perusahaan terutama dengan pembinaan motivasi dan semangat kerja serta pemupukan permodalan
e)     Berani mengambil resiko serta mampu memperhitungkan dan berusaha manghindarinya
f)      Selalu berupaya mencapai dan menghasilkan karya bakti yang lebih baik untuk langganan, pemilik, pemasok, tenaga kerja, masyarakat,bangsa dan negara
g)     Ntisipatif terhadap perubahan dan akomodatif terhadap lingkungan
h)     Kreatif mencari dan menciptakan peluang pasar dan meningkatkan produktifitas dan efisiensi
i)      Selalu berusaha meningkatkan keunggulan dan citra perusahaan melalui inovasi di berbagai bidang

2)     Perilaku Wirausahawan Sukses
Keberhasila Wirausahawan biasanya erat kaitanya dengan sikap dan perilaku sebgai berikut :
a)     Sikap Jujur
Seorang Wirausaha harus memiliki penalaran yang tinggi serta jujur terhadap dirinya sendiri. Sebab denga perilaku jujur terhadap dirinya sendiri aka membuat hati tenang dan jernih.Dengan pikiran yang tenang  dan jernih akan membuat seseorang menuangkan ide-ide serta rencana yang matang sehingga akan menunjang keberhasilan Wirausaha. Selain jujur terhadap dirinya sendiri, Seorang wirausahawan juga jujur terhadap orang lain seperti relasi, pelanggan, karyawan dan pihak-pihak terkait. Kejujuran adlah modal utama dalam berusaha, dengan berperilaku jujur pada orang lain maka seorang wirausaha tersebut akn dipercaya kepada semua pihak, sehingga setiap tawaran, negosiasi atau kerjasama dengan perusahaan lain akan mendapat smabutan yang baik.
b)     Disiplin dan Berani
Seorang Wirausahawan harus disiplin dan berani dalaam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Berani dan disiplin berbuat sesuatu berkat pengalaman dan pengetahuanya. Bakat seseorang bisa merupakan bawaan  seseorang sejak lahir. Pengalan bisa diperoleh dari suatu uji coba atau dari lingkungan di sekitarnya. Sedangkan pengetahuan bisa diperolehh dari suatu buku maupun dari jalur pendidikan formal/non formal.
            Seseoran yang berani dan disiplin berbuat bisa juga karena adanya fasilitas dan keyakinan yang ada pada dirinya. Keyakinan diri seseorang bisa muncul karena adanya rasa percaya diri dan pengalan serta pengetahuan yang dimilikinya.


c)     Kreatif dan Inovatif
Seseorang Wirausaha yang berhasil selalu berupaya untuk mencari dan menemukan hal-hal yang baru untuk memperbaiki kualitas produknya. Mereka selalu berusaha untuk menemukan ide-ide yang baru atau hal-hal yang baru dan bisa menguntungkan perusahaanya dan mereka juga selalu berusaha untuk mengembangkan pproduk yang dihasilkan untuk memperoleh hasil yang maksimal.
d)     Mandiri dan Realistis
Seorang Wirausaha harus selalu bisa menerima dirinya sendiri dan orang lain apa adanya. Ia harus selalu bersikap pantang mundur dalam menghadapi sesuatu kendati ada kekurangan. Seorang Wirausaha apabila ingin berhasil selalu dapat memimpin bawahanyadengan baik, memberi contoh, dan teladan yang baik.

Categories: Share

Leave a Reply